0819-9277-1888 cs@relabs.id

FAQ

 

Frequently Asked Questions

Modem tidak aktif

1. Pastikan modem terhubung dengan arus daya listrik sesuai gambar

2. Pastikan ada arus daya listrik ke Wifi Modem dan Modem FO dan terpasang dengan sempurna dengan cara mengaktifkan kedua perangkat diatas. Apabila tidak bisa menyala, coba pindahkan koneksi listrik ke stop kontak yang berbeda

3. Pastikan lampu indikator Modem FO berwarna hijau

4. Jika masih bermasalah, matikan WiFi Modem dan Modem FO lalu tunggu 5-10 menit, setelah itu lakukan kembali langkah #1

Tidak ada koneksi Internet

1. Pastikan kabel LAN terhubung dengan benar sesuai gambar

 

2. Kabel LAN dari Modem FO harus masuk ke port “Cable In” atau “WAN” pada WiFi modem

3. Kabel power terkoneksi dengan baik, WiFi Modem dan Modem FO menyala (lampu indikator berwarna hijau)

4. Lepaskan semua koneksi kabel diluar koneksi kabel Qwords dari port LAN Modem

5. Lakukan pengecekan pada lampu indikator kabel/ONLINE (Apakah lampu menyala atau berkedip)

Koneksi Lambat/RTO/On-Off
  1. Lepaskan semua perangkat yang terhubung ke port LAN Wifi Modem kecuali Modem FO
  2. Lakukan restart WiFi modem dengan cara mencabut kabel listrik lalu memasangnya kembali
  3. Lakukan restart komputer
  4. Pastikan semua perangkat yang terkoneksi via WiFi dan via LAN adalah perangkat yang anda kenali atau milik anda.
  5. Jika terhubung melalui WiFi, coba dekatkan perangkat tersebut ke WiFi Modem
  6. Lakukan tes kecepatan melalui speedtest.net, pilih server Qwords atau kota terdekat.
  7. Apabila besaran hasil speedtest.net lebih dari 50% dari paket internet yang digunakan maka koneksi dapat dikategorikan normal.
  8. Scan PC/Laptop dengan antivirus terbaru/ter-update
Situs tidak dapat diakses
  1. Lepaskan semua perangkat yang terhubung ke port LAN Wifi Modem kecuali Modem FO
  2. Lakukan restart WiFi modem dengan cara mencabut kabel listrik lalu memasangnya kembali
  3. Lakukan restart komputer
  4. Pastikan PC/Perangkat anda menerima IP dari WiFi Modem dan menggunakan DNS bawaan dari WiFi Modem (Default Qwords)
  5. Apabila IP dan DNS komputer atau perangkat di set statik, ubah ke DHCP
  6. Apabila memasang program VPN atau Proxy, matikan program terlebih dahulu, lalu restart komputer
  7. Scan PC/Laptop dengan antivirus terbaru/ter-update
Cara Membuat WiFi Atau Jika Lupa Password WiFi
  1. Login ke WiFi modem via browser, buka URL berikut: 192.168.0.1
  2. Masuk ke menu pengaturan wireless (Wireless Settings)
  3. Pastikan WiFi dalam keadaan On/Enable atau berwarna Hijau
  4. Masukkan nama WiFi, Pilih Security Mode WPA2
  5. Masukkan password WiFi
  6. Tekan OK/Save/Apply
Bagaimana cara mengukur kecepatan internet yang sedang dipakai ?

Untuk mengukur kecepatan internet bisa dilakukan secara mandiri melalui portal www.speedtest.net pada portal tersebut bisa mengetahui kecepatan internet yang sedang dipakai, untuk lebih maksimal sambungkan perangkat/ device menggunakan kabel LAN pada CPE Router disarankan tidak menggunakan koneksi WiFi saat melakukan Speed Test.

Mengapa tidak bisa browsing pada beberapa website tertentu?

Website yang tidak bisa dituju biasanya sedang mengalami gangguan maupun ada perbaikan server pada web tersebut, sehingga koneksi pada web tersebut tidak bisa terjangkau

Hal apa saja yang bisa mempengaruhi koneksi internet menjadi lambat ?

Banyak hal yang bisa mempengaruhi koneksi internet yang sedang dipakai, diantaranya :

  • Terlalu banyak aplikasi yang sedang dijalankan pada perangkat
  • RAM pada perangkat melebihi kapasitas
  • Perangakat terkena virus sehingga menyebabkan koneksi lambat
  • History / cache pada browser belum terhapus atau penuh
  • Sedang menjalankan aplikasi peer to peer
Mengapa koneksi internet saya tidak bisa dan tidak bisa browsing di semua website ?

Banyak hal yang bisa menyebabkan tidak bisa browsing, salah satunya ada kemungkinan gangguan koneksi antara perangkat dengan CPE Router. Silahkan lakukan pemeriksaan lebih lanjut pada CPE Router:

  • Apabila indikator “LAN ” pada Router berkedip (blinking), mohon lalukan pemeriksaan koneksi antara Router dengan PC. Pastikan kabel jaringan berfungsi dengan baik dan pastikan kabel jaringan tersambung dengan baik pada CPE Router maupun perangkat yang sedang digunakan
  • Apabila perangkat tersambung menggunakan koneksi wireless, pastikan nama SSID dan Password WiFi terisi dengan benar, jika masih mengalami gangguan hubungkan kembali perangkat dengan koneksi WiFi
Sistem operasi apa saja yang bisa tersambung dengan koneksi Relabs/Qwords internet ?

Qwords internet/Relabs dapat tersambung pada semua sistem operasi seperti Windows,MacOs,Linux atau OS lainnya

Bagaimana cara mengecek koneksi internet dengan melihat lampu indikator pada ONT?

Pada ONT terdapat beberapa lampu indikator yang menyala dibagian depan untuk mengindikasikan jika terjadi masalah pada koneksi internet, warna hijau pada indikator menunjukan koneksi yang baik, jika indikator berwarna merah menandakan koneksi sedang mengalami gangguan, jika lampu indikator berwarna merah dan koneksi internet terganggu silahkan melakukan restart perangkat dengan menekan tombol power pada bagian belakang ONT kemudian nyalakan kembali ONT dan tunggu beberapa saat untuk menghubungkan kembali koneksi internet. Mohon untuk tidak memilih factory reset, kecuali disarankan oleh tim kami.

Faktor Faktor apa saja yang bisa mempengaruhi kecepatan internet ?

Beberapa faktor yang mempengaruhi kecepatan internet diantaranya :

  • Server yang dituju harus dengan keadaan baik atau tidak sedang mengalami maintenance
  • Koneksi yang sedang dipakai menggunkan WiFi atau kabel LAN
  • Kecepatan bandwitch yang sedang digunakan
  • Spesifikasi pada perangkat yang sedang digunakan seperti, RAM, processor, HDD, ethernet.
  • Banyaknya aplikasi atau halaman yang sedang dibuka oleh perangkat

Download, Browsing, Gaming, Sepuasnya.

Jaringan Stabil, Aman, tanpa Buffering